Inovasi Olahan Ikan Bandeng oleh Mahasiswa TIM I KKN UNDIP Kembang

Pati (3/2)- Desa Kembang memiliki sumber daya alam yang dapat dikembangkan untuk potensi perekonomian masyarakat yang sangat berkualitas tetapi banyak yang belum memanfaatkan dengan baik. Karena masyarakat lebih memilih untuk di jual sebagai hasil dari pertania tambak. Contoh sumber daya alam yang berpotensial dan paling dominan di desa kembang adalah ikan bandeng.

Dengan adanya program dari mahasiswa KKN undip TIM 1 2019, hasil tersebut dapat di kelola menjadi berbagai variasi makanan yang dapat menambah nilai jual ikan bandeng atau hasil dari sumber daya desa kembang, variasi dari olahan bandeng antara lain dapat di buat menjadi olahan abon bandeng yang notabennya menambah nilai jual dan dapat meningkatkan nafsu makan anak- anak khususnya di desa kembang. Abon bandeng dapat di buat dengan bahan-bahan yang mudah di dapatkan di desa kembang.

Olahan abon bandeng tersebut dapat dibuat dengan cara yang sangat mudah, dimana langkah pertama yaitu dengan membersihkan ikan bandeng dan kukus hingga matang lalu suwir halus. Selanjutnya siapkan bumbu halus yang terdiri dari ketumbar, kemiri dan bawang putih. Jika sudah, maka goreng bumbu halus tersebut dengan sedikit minyak hingga bumbu beraroma wangi lalu masukkan bandeng yang sudah di suwir, santan, daun salam, sereh dan gula garam secukupnya sampai mengering. jika santan sudah mulai menering maka tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit hingga abon berawarna kecoklatan.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan daya jual bandeng di desa kembang , ada lagi olehan bandeng yang bisa di olah atau dimanfaatkan masyarakat desa kembang adalah olahan ikan bandeng sebagai nugget bandeng.

Nugget bandeng merupakan pilihan yang praktis dan mudah dalam pembuatannya. Yang pertama adalah menyiapkan ikan bandeng yang telah dibersihkan dan sudah dicabut duri. Kemudian langkah berikutnya kukus ikan bandeng sekitar 10 menit. Selanjutnya haluskan bumbu yang terdiri dari bawang putih, merica, gula, garam, dan penyedap rasa. Campurkan bumbu, kukusan ikan bandeng yang telah dihaluskan, telur, tepung terigu, dan tepung panir halus. Masukkan wortel dan daun bawang yang telah dicincang. Letakkan adonan pada tempat yang tahan panas dan kukus kembali selama 30 menit. Angkat dan dinginkan. Kemudian celup ke adonan tepung terigu atau putih telur dan balurkan ke tepung roti. Masukkan ke freezer selama 1 jam dan nugget siap digoreng.

Sebagai potensi terbesar ikan bandeng memang sudah memberikan hasil perekonomian yang cukup banyak pada petani yang bergerak di bidang pertania bandeng tersebut, dengan program mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP berharap desa kembang bisa dapat memanfaatkan dan menabah nilai prekonomian.

–Reporter: Tim I KKN Undip 2019 Desa Kembang–

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply