PERTUNJUKAN KETOPRAK WAHYU BUDOYO DALAM RANGKA SEDEKAH BUMI DESA KEMBANG

  • May 27, 2024
  • KEMBANG-DUKUHSETI
  • BERITA, PEMERINTAHAN, SENI DAN KEBUDAYAAN

Tradisi Sedekah bumi di Desa Kembang diadakan tiap tahun sekali ini melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rezeki-Nya melalui tanah/bumi dan segala bentuk hasil bumi yang sangat melimpah serta permohonan agar tanah tetap subur, tolak bala, dan panen selanjutnya diberikan kelancaran. Bertujuan untuk mengetahui sejarah, proses pelaksanaan, makna tradisi sedekah bumi serta cara penanaman nilai syukur pada masyarakat di desa Kembang melalui tradisi sedekah bumi. Sedekah bumi di Desa Kembang masih dilestarikan turun temurun dengan tujuan dan pemaknaan yang sakral yakni sebagai pengingat agar warga untuk selalu bersyukur dan berperilaku baik sesuai ajaran-Nya. 

Rangkaian upacara Sedekah Bumi Desa Kembang, mulai dari acara kenduren, makan bersama warga dan dilanjutkan dengan nonton bersama Pegelaran Ketoprak Wahyu Budoyo. Warga sangat antusias dengan melihat banyaknya warga yang hadir dalam acara nonton bersama.

Tradisi Sedekah Bumi Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti, merupakan contoh nyata tentang bagaimana kearifan lokal dan nilai-nilai keagamaan dapat saling menyatu dalam sebuah tradisi yang indah. Tradisi ini tidak hanya memberikan manfaat spiritual dan ekologis, tetapi juga memiliki potensi sebagai daya tarik wisata budaya. Dengan usaha kolektif dari masyarakat lokal, pemerintah, dan pihak terkait, tradisi ini dapat terus dilestarikan dan diapresiasi oleh generasi yang akan datang.